Simbar Menjangan - platycerium coronarium

Simbar Menjangan - platycerium coronarium. Simbar Menjangan adalah jenis tanaman paku yang hidupnya menempel pada tanaman lain namun tidak menghisap makanan dari pohon yang ditumpanginya, jadi bukan tumbuhan parasit melainkan tumbuhan epipit.

simbar menjangan
Simbar Menjangan - platycerium coronarium
Daunnya besar dan lebar bercabang-cabang seperti tanduk menjangan sehingga tanaman hias ini juga sering dinamai tanduk menjangan. Simbar menjangan mempunyai dua macam daun selain berbentuk seperti tanduk menjangan satu lagi berbentuk seperti ginjal. Tumbuhnya dari daun-daun yang gugur dan dari air hujan yang terkumpul dan menghisap makanannya dari udara melaui sepura yang berada di helai-helai daunnya.

Cara bertanam tanaman hias Simbar Menjangan dapat dilakukan dengan sepura yang terdapat pada helai-helai daunnya. Pemeliharaan simbar menjangan dilakukan layaknya memelihara tanaman hias anggrek bulan yaitu ditempelkan di pohon-pohon atau potongan batang pakis. Sebelum ditempelkan terlebih dahulu dibuat lubang pada batang pakis. Lubang itu kemudian diisi dengan dengan tanah hutan atau tanah kebun yang mengandung banyak bekas daun yang telah hampir menjadi tanah dan akar-akar simbar menjangan ditekankan pada tanah tersebut dengan dibantu dengan diikat dengan tali ijuk atau atau kawat supaya tanaman erat menempel.

Tanaman hias simbar menjangan akan tampil mempesona ketika dipadukan dengan tanaman anggrek yang memiliki warna mencolok dan akan melahirkan kesan tersendiri saat diletakkan di pekarangan rumah atau teras depan. Dan anda akan dapatkan kepuasan tersendiri bila anda berhasil melakukannya di waktu-waktu senggang anda. 

0 Response to "Simbar Menjangan - platycerium coronarium"

Posting Komentar

Komentar yang baik bermanfaat untuk pembaca lain, diharapkan bukan komentar spam. Terimakasih atas kunjungannya.