Buah Nona - Annona reticulata l

Buah Nona - Annona reticulata l. Buah Nona di beberapa daerah disebut : menuwa, meluwo (Jawa), binowa (Madura). Buah nona dapat tumbuh di atas tanah pada ketinggian 1000 meter dari permukaan laut. Tinggi pohon nona dapat mencapai 3 - 7 meter  bercabang dekat tanah dan dapat berbuah pada musim panas maupun musim hujan. Ciri khas dari pohon buah nona ini yaitu bila salah satu bagian dibelah atau diremas akan berbau seperti buahnya.

Buah Nona - Annona reticulata l
Daun buah Nona berbentuk lanset berwarna hijau di bagian atas dan di bagian bawah hijau muda. sedangkan bunganya berwarna hijau semu kuning dan berbau harum. Buah Nona wangi dan manis rasanya, warnanya coklat bersemu biru di dalam buahnya terdapat banyak biji. Buah Nona disukai orang karena enak dan harum baunya. Buah ini juga menjadi sasaran binatang kampret (sejenis kelelawar) bila sudah ranum.

Cara Menanam Buah Nona :
Agar lebih cepat pertumbuhannya mata tunasnya ditempelkan pada batang pohon buah nona yang lain, atau bisa juga pada batang pohon Sirsak. Jarak antar tanaman sekitar 6 meter. Bila pohon ini tumbuh subur dapat menghasilkan 80 - 100 buah.

Kegunaan Buah Nona :
Selain langsung dinikmati sebagai makanan buah dapat juga diperas untuk diminum airnya, sedangkan daun pohon nona yang telah disuling dapat menghasilkan minyak asteri (minyak yang dapat menguap) dapat pula digunakan sebagai obat penyakit cacingan pada anak. Kulit pohon Nona yang digiling halus dapat digunakan sebagai obat penyakit disentri dengan carah diborehkan pada perut penderita.

0 Response to "Buah Nona - Annona reticulata l"

Posting Komentar

Komentar yang baik bermanfaat untuk pembaca lain, diharapkan bukan komentar spam. Terimakasih atas kunjungannya.