Mawar – Rosa hybrid Hort

Mawar – Rosa hybrid Hort

Mawar atau ros merupakan bunga yang digemari di seluruh dunia. Warnanya beraneka. Ada yang merah, merah muda, putih, dan kuning. 




Biasanya orang menanam di pekarangan atau dalam pot sebagai tanaman hias yang asri. Tanaman bunga mawar tumbuh subur di daerah pegunungan. Tetapi ada juga jenis lain yang dapat dipelihara dengan hasil yang memuaskan di dataran yang tidak begitu tinggi. Tumbuhan ini memerlukan sinar matahari yang cukup. Dan ia akan tumbuh kuat dan tidak mudah diserang hama, jika tidak dicampur dengan tanaman lainnya.
Cara menanamnya. Bunga mawar atau ros diperbanyak dengan setek atau dengan cangkok. Cangkok harus segera ditanam di kebun, atau simpanlah sementara di kamar mandi dengan menimbun akarnya dengan tanah. Jika akarnya kering, celupkanlah lebih dahulu dalam air selama satu jam sebelum ditanam. Setelah tanah dicangkul, digemburkan, berilah pupuk yang cukup. Kemudian galilah lubang agak dalam dan lebar, agar akar cangkokan mudah mengisap makanan. Untuk pupuk sebaiknya dicampur pasir atau tanah kebun. Penanaman jangan terlalu dalam, tetapi juga jangan terlalu dekat dengan permukaan tanah.

Pemeliharaannya. Pupuk yang dipergunakan adalah pupuk kandang, misalnya kotoran sapi. Bagi tanaman yang bunganya sering dipetik untuk dijual diberikan pupuk kandang cair, yang disiramkan ke tanah tanaman dari alat penyiram.  Penyiraman dilakukan dengan baik agar tidak menggenangi tumbuhan ini. Sebab air yang menggenang di sekitarnya akan membusukkan akar.

0 Response to "Mawar – Rosa hybrid Hort"

Posting Komentar

Komentar yang baik bermanfaat untuk pembaca lain, diharapkan bukan komentar spam. Terimakasih atas kunjungannya.