Gloksinia – Gloxina, Sinningia

Gloksinia – Gloxina, Sinningia

Glosinia atau Sinigia adalah tanaman hias berumbi yang berasal dari Brasilia. Tumbuhan ini menyukai tempat terang. Umbinya dapat ditanam bertahun-tahun bila pemeliharaannya cukup baik. Daunnya berbulu halus. Bunganya berbentuk lonceng berwarna biru muda, merah, merah tua atau putih. Bunga gloksinia yang duduk tegak adalah jenis baru hasil persilangan. Sebab yang aslinya tidak tegak.




Setelah gloksinia menghasilkan bunga dan buah, daunnya segera layu dan kemudian kering. Suatu tanda bahwa umbinya sudah harus digali. Setelah umbinya dibersihkan, simpanlah di tempat yang kering. Dengan demikian dari umbi itu kelak akan dihasilkan bunga-bunga yang besar dan bagus.
Cara menanam gloksinia, tanah pot mengandung humus dicampur pupuk istal tua dan pasir yang agak kasar. Umbi yang baru ditanam ditutup oleh kaca untuk mempercepat tumbuhnya. Penanaman dengan biji : sediakan pot yang agak ceper dan sudah diisi pasir halus. Setelah biji ditaburkan diatasnya, tekanlah perlahan-lahan supaya melekat di pasir. Persemian itu kemudian ditutupi Koran dan siramkan sehingga membasahi semua. Dua minggu kemudian baru dibuka, saat itu biji-biji sudah berkecambah. Setelah tanaman berdaun 3 – 4 helai dipindahkan ke pot yang lain.

Pemeliharaannya. Tanah pot dijaga agar tidak kekurangan air siraman. Akan tetapi, daun dan umbinya jangan terkena air siraman.

0 Response to "Gloksinia – Gloxina, Sinningia"

Posting Komentar

Komentar yang baik bermanfaat untuk pembaca lain, diharapkan bukan komentar spam. Terimakasih atas kunjungannya.