Briopilum dan Cocor Bebek

Briopilum dan Cocor Bebek

Bryophyllum merupakan tanaman yang termasuk baru digemari. Berasal dari Malagasi (Madagaskar). Tanaman ini terdiri dari beberapa jenis, antara lain: B. daigremontiana (Hamet & Parrier) Berger, B. Pinnatum (Lam.) Kurz., Kalachoe pinnata, dan Kalanchoe integra O.K Bryphyllum sp. Daun Bryophyllum bulat panjang seperti pensil, warnanya hijau kemerah-merahan dan berbintik-bintik hijau tua. Dari tepi daunnya keluar anak-anaknya yang dapat ditanam di tempat lain. Duduknya daun-daun tersebut berhadap-hadapan. Daun B. pinnatum berwarna hijau muda dan bentuknya lebih besar. Cocor bebek, Kalanchoe pinnata berguna untuk mengobati anak yang panas badannya. Daun tersebut digiling halus dan lumuri pada badannya. Bunganya bentuk lonceng.
Bryophyllum daigremontiana (Hamet & Perrier) Berger. Daunnya tebal, mengandung air. Bentuknya hamper segi tiga panjang, panjang 20 cm, lebar 8 cm., warna bagian atas hijau, berbintik-bintik ungu.


                                                                        Briopilum

Tumbuhnya di tempat yang langsung terkena sinar matahari pada tanah yang mengandung pasir. Tanah di sekitarnya tidak becek. Tidak memerlukan banyak air siraman.
Tanaman ini mudah dikembangbiakkan yakni menanam anak-anaknya yang keluar dari ujung daun. Memperoleh anak tanaman dimulai dengan mengumpulkan daun-daun tua yang telah gugur diletakkan di tanah. Beberapa lama kemudian akan muncul anak tanaman yang dapat dijadikan bibit. Kalanchoe integra diperbanyak dengan setek.

0 Response to "Briopilum dan Cocor Bebek "

Posting Komentar

Komentar yang baik bermanfaat untuk pembaca lain, diharapkan bukan komentar spam. Terimakasih atas kunjungannya.