Kalatea – Calathea Lietzei E.Morr

Kalatea – Calathea Lietzei E.Morr

Tumbuhan kalatea berasal dari Brasilia. Tanaman hias ini terdiri dari beberapa jenis, diantaranya adalah Calathea zebrine Lindl sinonim Marantha zebrine (Zebra plant) dan jenis Veitchiana Hook.f. Jenis tanaman hias ini banyak juga digemari masyarakat. Di Jawa Barat terutama daerah Cigombong, Bogor, C. zebrine Lindl tumbuh di tepian kolam yang teduh.
Warna daun C.lietzei pada bagian atas hijau tua mengkilat, dihiasi garis-garis hijau muda, bagian bawahnya ungu muda. C.zebrina Lindl. Daunnya yang sebelah atas hijau beledu seperti warna daun “kuping gajah” dan dihiasi garis-garis besar putih kekuning-kuningan sehingga nampaknya belang sebra. Daun bagian bawah ungu muda warnanya. Sedangkan daun Veintchiana Hook juga dengan dasar hijau yang bagus dengan garis-garis serta bintik-bintik putih kekuning-kuningan. Bagian bawahnya ungu.

kalatea


Tumbuhnya subur dan cepat berdaun banyak. Terutama bila dipelihara dalam pot yang berisi campuran tanah kebun dan pasir yang mengandung banyak humus. Pot hendaknya diletakkan di tempat yang tidak langsung disinari matahari. Cara memperbanyak tanaman ini dengan membagi-bagi rumpun induk tanaman. Pemeliharaannya jika kalatea dipelihara dengan baik, maka ia dapat mencapai tinggi satu meter dan berdaun 6-20 helai. Kalatea yang tumbuh dalam pot menghendaki agar banyak air. Sekali-sekali tanaman hias itu disiram dengan pupuk cair. 

1 Response to "Kalatea – Calathea Lietzei E.Morr"

  1. kunjungi forumnya orang yang suka berkebun , ada tanaman GRATIS setiap minggunya www.tanaman.id

    BalasHapus

Komentar yang baik bermanfaat untuk pembaca lain, diharapkan bukan komentar spam. Terimakasih atas kunjungannya.