Buah Belimbing - averrhoa carambola

Buah Belimbing
Buah Belimbing - averrhoa carambola
 Buah Belimbing - averrhoa carambola. Di daerah Jawa Barat disebut balingbing, dan di Ujungpandang dinamakan bainang salapa. Pohon Belimbing bisa setinggi 12 meter dan usia mencapai 20-25 tahun, ia tubuh di tanah yang rendah hingga ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Garis tengah batangnya bisa mencapai 35 cm dan pada setiap ranting bekas daun nampak tonjolan-tonjolan, jika dipelihara dengan baik pohon belimbing akan berbuah 3 kali setahun.

Bentuk daun pohon belimbing kecil bulat telur memanjang, sedangkan malai bunganya kebanyakan berkumpul rapat, kemuidian membentuk buah bulat memanjang. Dan buahnya berbentuk lima rusuk yang tajam, berwarna hijau muda atau kuning. Buah belimbing mengandung vitamin B.

Cara Menanam Pohon Belimbing :
Biji ditanam di persemaian, di sekitarnya ditaburi abu dan disirami air tiap hari. Setelah tingginya 35 centimeter dipindahkan ke pekarangan atau kebun. Bila penanaman dalam jumlah banyak maka jarak antar tanaman pohon belimbing dengan pohon lainnya berjarak 3 - 5 meter. Untuk memperbanyak tanaman dapat diusahakan dengan biji, cangkok, dan okulasi. Mata okulasi dapat diambil dari batang pohon yang berumur minimal setahun. Untuk memaksimalkan hasil panen agar memperoleh buah belimbing dengan ukuran lebih besar disarankan mengurangi jumlah buah pada satu pohon dengan memetik sebagian buah yang masih kecil.

Kegunaan Buah Belimbing :
Air buah belimbing dicampur gula dapat dijadikan minuman segar yang alami dan bisa membantu kesehatan bagi yang menderita demam. Dapat juga sebagai bahan pembuatan sirup. Air belimbing dapat juga sebagai obat disentri. Selain buah belimbing berguna untuk kesehatan buah belimbing juga cocok dikonsumsi sebagai makanan penutup. 

bunga buah belimbing
Bunga Buah Belimbing Sebelum Menjadi Buah

0 Response to "Buah Belimbing - averrhoa carambola"

Posting Komentar

Komentar yang baik bermanfaat untuk pembaca lain, diharapkan bukan komentar spam. Terimakasih atas kunjungannya.