Buah Anggur - vitis vinivera L

Buah Anggur Hijau - Vitaceae
Buah Anggur - vitis vinivera L
Tanaman anggur berasal dari Eropa, tetapi sekarang banyak terdapat di seluruh dunia, baik di daerah yang beriklim panas maupun dingin. Anggur terdiri dari bermacam-macam jenis diantaranya jenis Frankenthhaler, muskaat, dan Isabella banyak ditanam di Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh subur di tanah yang mengandung kapur dan beriklim agak kering.

Batangnya lemas sehingga diperlukan lanjaran, agar tanaman ini dapat terus memanjat dan merambat. Daunnya cukup rimbun dan berbentuk daun tanganan, karenanya dapat dijadikan naungan yang sejuk sebagai tempat beristirahat di kebun. Bunganya berkumpul merupakan tandan majemuk, bentuknya kecil dan berwarna putih semu hijau.

Buah anggur ada yang hijau muda, merah dan ada pula yang berwrna hitam. Yang telah masak rasanya manis, sehingga dapat langsung dinikmati. Buah anggur mengandung zat putih telur, disamping zat gula dan zat asam. Untuk pembuatan kismis, dipilih buah anggur jenis kecil yang tidak berbiji. Kismis diperlukan untuk bahan campuran pembuatan kue atau roti. Selain itu sebagai makanan ringan kismis sangat disukai anak-anak.

Minuman dari buah anggur
Buah anggur sebagai bahan minuman


Kegunaan Buah Anggur :
Di Eropa anggur diproses menjadi minuman yang mengandung alkohol dan sebagai ramuan obat. Sedang di India buah anggur yang dikeringkan merupakan penawar bagi orang yang baru sembuh dari penyakit panas, dan baik pula untuk kesehatan paru-paru.

Bunga Buah Anggur - vitis vinivera L

0 Response to "Buah Anggur - vitis vinivera L"

Posting Komentar

Komentar yang baik bermanfaat untuk pembaca lain, diharapkan bukan komentar spam. Terimakasih atas kunjungannya.