Bunga Rakbol - Haemanthus multiflorus Martyn

Haemanthus multiflorus Martyn adalah juga termasuk jenis bunga rakbol. Berumbi seperti bakung, begitu pula bentuk daunnya. Tanaman ini berasal dari luar negeri dan masih belum banyak dipelihara di Indonesia, biasanya ditanam di pot. Tumbuhnya bunga ini dapat diberbagai tempat, terutama di daerah berhawa pegunungan. Bunganya kecil-kecil berkumpul di ujung tangkai yang kuat seperti karbol. Bunga tersebut memiliki 6 buah daun bunga (benangsari yang panjang dan sebuah putik) semuanya berwarna merah tua.

Haemanthus multiflorus Martyn
Bunga ini bisa ditanam di pekarangan yang bertanah gembur. Ia berbubga dua kali setahun dan sesekali memerlukan pupuk cair. Sebaiknya dalam penempatannya tidak terhalang untuk bisa menerima sinar matahari yang cukup. Cara mengembangbiakan (memperbanyak) dengan memisahkan umbinya yang kecil-kecil dari tanaman yang telah tua.

Untuk pemeliharaan tanaman bunga ini cukup dengan mengisi pot dengan tanah yang banyak mengandung humus dengan kondisi selalu agak basah. Haemanthus berbunga sebelum keluar daun-daun. Waktu tanaman telah berdaun beberapa helai ia memerlukan siraman yang agak banyak. Pot untuk tanaman ini sebaiknya berukuran sedang saja, jika pot terlalu besar, akan sukar dalam pemeliharaannya, karena kemungkinan umbinya akan busuk.

Untuk mendapatkan tanaman bunga karbol yang sehat harus dijaga agar tanah dalam pot tidak kering. Jenis-jenis Haemanthus berasal dari Afrika Selatan, Untuk menetapkan jenis Haemanthus dilihat menurut bentuk daunnya, Jenis Haemanhus yang diberi nama "Koning Albert" mempunyai tangkai bunga yang kuat dan panjang.

0 Response to "Bunga Rakbol - Haemanthus multiflorus Martyn"

Posting Komentar

Komentar yang baik bermanfaat untuk pembaca lain, diharapkan bukan komentar spam. Terimakasih atas kunjungannya.