Bunga Begonia – Begonia spp



Bunga Begonia yang sebenarnya pada bagian daun yang lebih indah atau menarik memiliki marga Begoniaceae banyak terdapat di Amerika yang beriklim panas, pegungan Himalaya dan Maluku. Warna, bentuk daun serta bunganya  berbeda-beda begitu pula dengan tingginya untuk setiap jenis begonia. Ada Begonia rendah yang muncul dari tanah, begonia bercabang, dan begonia berumbi. Keanekaragaman ini menjadikan begonia sebagai buket-buket dalam pot yang menyedapkan pandangan.

Bunga Begonia – Begonia spp

Di Indonesia Begonia tumbuh di hutan-hutan dan pegunungan seringkali tumbuh Begonia liar yang tingginya mencapai 1 meter, seperti Begonia Rebusta misalnya. Tumbuhan ini memerlkan air yang cukup, jika tanahnya kering akan mengganggu pertumbuhannya. Sebaliknya air yang tergenang disekelilingnya jangan biarkan terlalu lama. Cara menanamnya dengan membeli biji atau  bibitnya di toko bunga, ditaburkan di tanah persemaian yang sudah dibasahi. Kemudian persemaian ini ditutup dengan kaca, setelah berdaun 2  - 4 helai pindahkan ke dalam pot yang tanahnya sudah mengandung satu bagian pupuk kandang dan dua bagian pupuk kompos.
Cara Stek tanaman Begonia, dengan menggunting tunas pucuk yang panjangnya hingga 3 cm, sisakan sehelai  daun saja pada setek itu, lalu semaikan dalam pot yang berisi tanah pasir dan sedikit kompos, dan beberapa cara lain yang bisa dicoba. Untuk pemeliharaan tanaman ini harus dilakukan dengan cermat. Begonia memerlukan air yang cukup. Jika tanahnya kering akan mengganggu pertumbuhannya, sebaliknya air siraman jangan dibiarkan menggenang disekelilingnya.

0 Response to "Bunga Begonia – Begonia spp"

Posting Komentar

Komentar yang baik bermanfaat untuk pembaca lain, diharapkan bukan komentar spam. Terimakasih atas kunjungannya.