Buah Srikaya - Annona squamosa L

Buah Srikaya atau disebut Sarikaya untuk bahasa Sunda, sirkaya, Surikaya, Srikawis untuk bahasa Jawa atau Sarkaya, Sarekkaya dalam bahasa Madura atau Srikaya dalam bahasa Ujung Pandang merupakan buah yang berasal dari Pegunungan Andes (Peru, Ekuador). Saat ini banyak terdapat di Amerika, Afrika, Asia termasuk India dan Indonesia. 

Buah Srikaya yang termasuk pohon perdu ini mampu mencapai ketinggian 2 - 7 meter, dapat ditanam di dataran rendah hingga 850 meter dari permukaan laut. Pohon srikaya juga sanggup hidup dan tumbuh di tanah yang berbatuan dan agak kering.

Daunnya berbentuk elliptis, panjang 7,5 cm dan tangkainya sepanjang 1 cm. Bunganya muncul dari ketiak daun, daun kelopak berbentuk segitiga. Dan daun mahkota yang terluar berdaging tebal dengan panjang 2 - 2,5 cm, sedang daun mahkota terdalam sangat kecil. Bunga srikaya berbau harum menjadi buah majemuk, biasanya berbunga pada bulan Juni - Juli.

Sedangkan buah srikaya berbentuk bola, dengan garis tengah 5 - 10 cm, warnanya hijau keputih-putihan, berbiji banyak. Dagingnya putih dan rasanya enak tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Panen buah srikaya biasanya  di bulan Agustus - September.
Cara penanamannya pun tergolong cukup mudah hal ini bisa dilakukan dengan menyemaikan bijinya, mencangkok atau dengan cara Okulasi.

Kegunaan buah srikaya : Buah srikaya dicampur es krim dijadikan minuman. Daging buahnya rasanya manis, mengandung  16 - 18 % zat gula. Kegunaan lainnya daunnya diremas-remas dilumurkan pada rambut untuk membasmi kutu rambut. Atau dapat juga sebagai obat penyakit kulit dengan cara menggiling halus terlebih dahulu daun tersebut. Daun, biji, dan buah muda yang dikeringkan dan digiling halus dapat digunakan untuk membasmi serangga dan kepinding. Begitu bayak kegunaan buah maupun pohon Srikaya ini, apakah anda ingin mencoba untuk menanamnya ?

0 Response to "Buah Srikaya - Annona squamosa L"

Posting Komentar

Komentar yang baik bermanfaat untuk pembaca lain, diharapkan bukan komentar spam. Terimakasih atas kunjungannya.