Arbei - Fragaria vesca L

Arbei atau arben (Jawa Barat) merupakan jenis herba (tanaman lunak) berakar rimpang, daunnya besar, berwarna hijau muda pada bagian bawahnya, pohon ini dari Eropa dan Asia. Buah arbei yang telah masak dapat langsung dinikmati  tanpa diolah lebih dahulu. Arbei dapat dibuat selai dan minuman yang dicampur es.

Di Pasuruan dan Nangkojajar, arbei pernah dipelihara dalam usaha perkebunan. Pohonnya ditanam didataran tinggi pegunungan dengan ketinggian 1000 meter atau lebih dari permukaan laut. Tumbuh subur di pegunungan terbuka dan tanah agak lembab. Bungannya putih yang biasa muncul pada bulan Mei - Juni.

Cara menanamnya : Untuk bibit, ambillah tunas dari akar rimpang, atau anak tanaman, dan juga biji. Dalam 4-5 bulan sekali gemburkanlah tanahnya. Berikan pupuk kandang yang tua diantara tanaman satu dengan tanaman lainnya. Bila bukan saat musim penghujan sebaiknya tanaman ini rajin disiram dan juga rumput yang tumbuh disekitarnya harus sering-sering dibersihkan.
Buahnya yang masak akan berwarna merah tua mengandung air yang manis dan segar rasanya masa panen buah di bulan Juli sampai September


0 Response to "Arbei - Fragaria vesca L"

Posting Komentar

Komentar yang baik bermanfaat untuk pembaca lain, diharapkan bukan komentar spam. Terimakasih atas kunjungannya.