Anggrek Congkok - Spathoglottis

Anggrek Congkok (Sunda) atau antel-antelan (Jawa) berasal dari Indonesia, suatu tanaman anggrek yang tumbuh di tanah atau media tanam lainnya seperti arang dan lain-lain, sehingga zat makanan diisap darai tanah atau media tanam. Akan tetapi tumbuhuan ini dapat juga dipelihara di dalam pot atau pekarangan rumah seperti halnya bunga melati atau bunga mawar.


Anggrek Congkok menyukai sinar matahari, karena itu menanam dan menempatkannya harus ditempat terbuka. Bunganya duduk pada tangkai yang kuat. Di ambon dan Irian tumbuh pula jenis ini dengan warna putih dan lembayung muda. Batangnya berbentuk umbi lapis, tetapi jika dibelah ternyata tidak tampak lapisan-lapisan sebagaimana yang teradapat pada bawang merah. Sebab itulah batang anggrek ini diberi nama "Umbi lapis palsu" (pseudobulb)

Cara bertanam : Spathoglottis merupakan jenis anggrek yang banyak menghasilkan buah dan biji-biji. Oleh pemeliahara anggrek yang berpengalaman, biji-biji anggrek ini digunakan untuk memperbanyak tanaman. Tetapi bagi orang yang baru memelihara anggrek congkok, baiklah untuk bibit diambil dari anak-anak umbi yang tumbuh didekatnya. Bunga ini cocok sebagai tanaman hias di pekarangan atau bunga hiasan meja yang ditaruh dalam pot.

0 Response to "Anggrek Congkok - Spathoglottis"

Posting Komentar

Komentar yang baik bermanfaat untuk pembaca lain, diharapkan bukan komentar spam. Terimakasih atas kunjungannya.