Anggrek Kasut - Pappiopedilum glaucophyllum J.J

Anggrek kasut atau anggrek kantung termasuk marga Orchidaceae adalah anggrek yang tumbuh di beberapa tempat di pulau Jawa. Dahulu anggrek ini masih jarang dipelihara orang karena mungkin belum banyak orang yamg mengenalnya, namun saat ini anggrek jenis ini semakin mudah ditemui karena anggrek kantung atau anggrek kasut ini memang cukup molek dan menarik untuk dipandang sebagai tanaman hias.

Anggrek Kasut - Pappiopedilum glaucophyllum J.J  
Bungannya indah duduk berkumpul di tangkai yang kuat, sehingga dapat dijadikan karangan bunga yang cukup bernilai. Kelopaknya di tengah-tengah tangkai berwarna hijau muda bergaris-garis merah coklat. Bibirnya berbentuk kasut atau kantung lembayung dang pinggirnya kuning. Daunnya lebar berujung tumpul dan berwarna hijau kebiru-biruan.

Tumbuhnya dapat ditanam dalam pot berisi tanah yang mengandung humus dan dicampur sedikit batang paku tiang yang diremukkan, jangan lupa di bagian bawah tanah dalam pot tersebut dilapisi pecahan beling atau genting. Untuk pembibitan diambilkan dari anak-anaknya yang tumbuh di dekat tanaman induk. Tempat menaruh pot sebaiknya di tempat yang terang tetapi tidak terkena sinar matahari langsung.

1 Response to "Anggrek Kasut - Pappiopedilum glaucophyllum J.J"

  1. Informasi menarik tentang bunga anggrek kasut ini.. kalau ada waktu silakan mampir di blog saya khusus pertanian pak, Trims :)

    BalasHapus

Komentar yang baik bermanfaat untuk pembaca lain, diharapkan bukan komentar spam. Terimakasih atas kunjungannya.