Sukulen – Succulenta

Sukulen – Succulenta

Penggemar kaktus banyak mengenal pula jenis sukulen, kendatipun dalam jumlah terbatas. Lain halnya di Eropa, tanaman sukulen sudah merupakan tanaman hias yang sangat popular. Sama seperti kaktus, tumbuhan sukulen sangat kuat di daerah yang berhawa panas.
Daunnya agak bergulung yang secara alami untuk mencegah terik matahari. Tidak mudah menguapkan air yang ada di dalam helai-helai daun itu. Ada juga daun jenis sukulen yang berlapis malam (waslaag). Daunnya yang tebal memiliki warna pelindung sehingga binatang-binatang yang akan memakan daunnya sulit membedakan warna tumbuhan itu dengan benda-benda yang ada di sekitarnya seperti batu dan lain sebagainya.


Sukulen

Batangnya bergrlembung dan beraneka warna menurut jenisnya. Ia dapat menyimpan air yang dibutuhkan di bagian daun dan batang.

Hidupnya terdapat hampir di seluruh dunia yang beriklim tropis, terutama di padang-padang pasir Asia, Afrika dan Amerika. Ada jenis sukulen yang hidupnya memilih tempat di ketinggian antara batu-batuan dan cadas. Salah satu jenis sukulen yang dapat dipelihara di Indonesia adalah jenis cocor bebek : Bryophillum, kalanchoe pinnata, Euphorbia splendens, dan lain-lain.  

0 Response to "Sukulen – Succulenta"

Posting Komentar

Komentar yang baik bermanfaat untuk pembaca lain, diharapkan bukan komentar spam. Terimakasih atas kunjungannya.