Spersis – Asparagus

Spersis – Asparagus

Spersis atau aspersi berdaun kecil-kecil menyerupaisisik. Begitu pla cabang-cabangnya lancip seperti jarum dan berwarna hijau. Sebagian orang menganggap sebagai daun pula karena hampir serupa. Bunganya pun kecil berwarna putih, duduk berkumpul merupakan rangkaian. Bunga akan menjadi buah bulat, hijau warnannya. Buah yang masak menjadi merah. 

Buah Spersis

Spersis

Tumbuhnya. Spersis terdapat di pergunungan Pulau Jawa karena ditanam petani. Juga di daerah Sukabumi. Yang tingginya antara 700-1000 meter dari permukaan laut.
 Cara bertanam. Diperbanyak dengan biji atau membagi-bagi tanaman yang sudah dipelihara. Tanah untuk mengisi pot  harus gemuk dan gembur. Tanah yang sudah besar sekalisekali boleh disiram dengan pupuk cair. Pot diletakkan pada tempat yang agak teduh. Dan siramlah secukupnya.
Pemeliharaannya. Batang spersis yanga ada di dalam tanah dipotong kemudian ditanam di pematang yang telah diberi pupuk kandang. Jarak tanaman 75 cm. Ketika tanaman tumbuh, pematang diberi tanah gembur setebal 10 cm. Tanaman umur 9 bulan dipanen.
Ada jenis asparagus officinalis L. Jenis ini banyak ditanam di daerah Cipanas, Jawa Barat. Rebungnya dijual sebagai sayuran, sedang tangkainay dimanfaatkan sebagai daun karangan bunga karena kuat tidak lekas layu. Hampir setiap buket, karangan bunga, hiasan meja makan, ataupun bunga yang dicantumkan pada jas atau kebaya pasti ada tangakai aspersinya. Aspersi 

0 Response to "Spersis – Asparagus"

Posting Komentar

Komentar yang baik bermanfaat untuk pembaca lain, diharapkan bukan komentar spam. Terimakasih atas kunjungannya.