Suplir – Adiantum

Suplir – Adiantum

Dalam hutan-hutan yang agk terlindung acapkali tumbuh suplir yang beraneka macam jenisnya. Tangkai daunnya hitam mengkilap, ada yang panjang dan ada juga yang pendek. Yang paling tinggi adalah jenis Adiantum decorum. Tumbuhan ini berasal dari benua Asia dan Afrika. Sedangkan tangkai daun suplir jenis A. trapeziforme panjangnya kurang lebih 30 cm.
Daunnya. Daun suplir trapeziforme agak besar, berbentuk mirip trapezium. Daun yang bagus dan unik itu merupakan tanaman hias dalam pot yang sangat disukai orang. Bagian bawah daun terdapat titik-titik hitam bulat yang disebuyt sepura.
Tumbuhnya. Tanaman yang muda akan tumbuh dari sepura-sepura yang jatuh ke tanah.

Suplir – Adiantum

Cara bertanam. Memperbanyak tanaman dengan cara membagi-bagi tanaman yang telah lama dipelihara. Pot tanaman diisi dengan campuran pasir, humus dan kotoran istal atau pupuk kandang yang berbanding 1:1:1. Sebelumnya, pot tersebut diisi pecahan-pecahan gelas atau genting. Gunanya agar siraman air mudah mengalir keluar. Pot-pot ditempatkan yang agak berkelindungan.

Pemeliharaannya. Penyiraman dilakukan secara teratur dan cukup, tidak terlalu banyak atau kekurangan air. Pot yang kering mengakibatkan keringnya semua daun dengan serentak. Selanjutnya jika daun menjadi layu atau kering, ia tidak akan segar kembali meskipun disiram lagi. Karangan bunga anggrek bulan, dianthus atau anyelir putih jika dicampur dengan daun suplir merupakan karangan bunga yang indah sekali.  

1 Response to "Suplir – Adiantum"

Komentar yang baik bermanfaat untuk pembaca lain, diharapkan bukan komentar spam. Terimakasih atas kunjungannya.