Pacar - Impatiens platypetala Lindl

Pacar  - Impatiens platypetala Lindl

Pacar banya dijumpai sebagai tanaman liar yang tumbuh di hutan-hutan Gunung Telagabodas dan kawah Kamojang (Kabupaten Garut) Jawa Barat. Ia tumbuh berkumpul di tepian anak sungai dengan subur dan berbunga bagus. Batang dan cabang-cabangnya mengandung banyak air. Jenis-jenisnya antara lain : I.Walleriana H. terdapat di pegunungan Afrika Timur, Eropa dan juga di negeri kita, I.Sultani Hook f. berasal dari Zanzibar, I Holstii Eng and Warb. Dari Afrika Timur beriklim tropis. Tumbuhan ini dapat dipelihara di atas tanah 100 meter dari permukaan laut. Tanahnya harus lembab di tempat yang agak teduh dan banyak mengandung humus sebagai tanamn pot.
Bunganya berkembang agr besar dan berwarna ungu jingga, indah nampaknya. Warna hijau dari daunnya menambah kecantikan bunga pacar. Bunganya lebat dan kemudian menjadi buah. Jika buahnya masak di pohon, akan tumbuh lagi. Jenis Walleriana berwarna kesumba, sedang Sultani Hook berwarna putih atau merah bata. Sultani berbunga terus menerus sepanjang tahun. Jenis Holstii berwarna merah. Bunga dan daunnya lebih besar dari Sultani.

Pacar  - Impatiens platypetala Lindl


Cara bertanam. Diperbanyak dengan biji. Sebagai tanaman hias, pacar dapat dipelihara dalam pot di bawah pohon besar, berkelindungan. Tanahnya dicampur pupuk kandang tua berupa kotoran kambing dan mengandung humus. Jenis Holstii dapat dikawinkan atau disilang dengan Sultani. Hasil bunganya akan lebih baik dari bunga induknya. Pemeliharaannya. Pot tanaman pacar ditempatkan pada likasi yang terkena sinar matahari pagi dan sore. 

1 Response to "Pacar - Impatiens platypetala Lindl"

Komentar yang baik bermanfaat untuk pembaca lain, diharapkan bukan komentar spam. Terimakasih atas kunjungannya.