Optunia - Opuntia monocantha Haw dan Opuntia tuna Mill

Opuntia - Opuntia monocantha Haw dan Opuntia tuna Mill

Tanaman yang disebut Ri-gambus (o.monochanta) dan Tong centongan (O.tuna Mill) ini ternyata dapat tumbuh subur di Indonesia setelah didatangkan dari negeri asalnya. Di daerah Cirebon dan Pemalang, Ri gambus dapat dijumpai di tepi-tepi jalan yang tumbuh secara liar. Sedang Tong-centongan bias disaksikan di pantai Laut Jawa dan Madura. Di Bogor dan Garut, opuntia dipelihara orang sebagai tanaman pagar atau dalam pot besar.
Pohon O.monocantha dapat mencapai tinggi 2,5 sampai 3 meter, karena itu dapat dijadikan tanaman pagar. Bentuknya pipih penuh duri-duri yang tajam. Sedang tong-centongan berduri lebih halus. Ri-gambus memiliki bunga yang besar berbentuk bagus, kuning warnanya. Bunga tong-centongan juga kuning tetapi kemudian beralih menjadi merah.

 Opuntia monocantha Haw

Opuntia tuna Mill

Cara bertanam. Untuk sengaja ditanam dan dipelihara, kedua optunia ini dipelihar adalam pot. Pot sebelumnya diisi tanah kebun atau tanah pekarangan yang dicampur pasir. Penempatannya yang langsung disinari matahari. Tumbuhan ini tidak tahan hidup di tanah becek.
Optunia tuna berasal dari Hindia Barat dan O.monocantha dari Amerka Latin. Pada tahun 1855-1865 kedua jenis itu didatangkan dan dipelihara di Karawang dan Sukareja (Banyuwangi) untuk kepentingan eksperimen pemeliharaan kutu cochenille pada optunia. Pemeliharaan kutu tersebut ternyata tidak berlangsung lama, sedang optunia malah terus tumbuh hingga sekarang di tanah air kita ini.

0 Response to "Optunia - Opuntia monocantha Haw dan Opuntia tuna Mill"

Posting Komentar

Komentar yang baik bermanfaat untuk pembaca lain, diharapkan bukan komentar spam. Terimakasih atas kunjungannya.