Kaktus – Cactacea spp

Kaktus – Cactacea spp

Penggemar tanaman hias pasti tidak asing lagi dengan tanaman kaktus. Mereka memeliharanya dalam pot. Kaktus yang berbunga indah dan bentuk cabangnya yang agak istimewa adalah berasal dari benua Amerika, terutama dari Meksiko. Daunnya biasanya kecil sekali , hamper-hampir tidak diketahui. Bentuknya berlainan dengan daun-daun dari tanaman yang biasa kita kenal.
Cabangnya atau rantingnya besar menggelembung. Bentuknya ada yang bulat berduri panjang dan tajam. Warnanya hijau. Ada juga batang kaktus yang berbulu panjang seperti rambut yang putih.
Kaktus memiliki bermacam-macam jenis dengan bermacam-macam bentuk batang dan bunganya. Antara lain : Phyllocaetus ocypetolus L.K., Optunia monochanta Haw., Echinopsis (Pseudobivia) ancistrophora. Speg. Jenis yang terakhir ini berbunga sangat indah, dan lain-lain.

Karena begitu banyak macam kaktus maka sangatlah menarik perhatian penggemar tanaman hias. Banyak buku tentang kaktus diterbitkan orang di luar negeri, agar tanaman ini lebih banyak dikenal umum. Demikian pula dijelaskan cara-cara penanaman dan pemeliharaan tanaman kaktus. Adapun kaktus yang banyak dijual pedagang-pedagang kembang pinggir jalan termasuk kaktus yang bunganya tidak besar dan warnanya pun kurang menarik.

Cactatea spp

0 Response to "Kaktus – Cactacea spp"

Posting Komentar

Komentar yang baik bermanfaat untuk pembaca lain, diharapkan bukan komentar spam. Terimakasih atas kunjungannya.