Pelargonium

Pelargonium – Pelargonium

Pelargonium yang terdapat di Eropa dan Indonesia berasal dari Afrika Selatan. Ada beberapa jenis tanaman ini, misalnya : P. zonale Henry Cox., P.roseum Ait, dan P.roseum foliis variegates. Tumbuhan jenis karnium ini memiliki bunga-bunga yang cantik dan menarik perhatian penggemar tanaman hias. Demikian pula bentuk daunnya yang bermacam-macam itu. Daunnya bundar, berwarna hijau muda. Pada daun P.zonale L’Herit di bagian atas Nampak garis bulat seperti cincin berwarna merah sawo. Bila daun itu diremas akan mengeluarkan bau yang harum, sehingga banyak orang yang menjadikannya pewangi pakaian di almari. Tumbuhnya. Hidup subur di tanah pegunungan dan menghasilkan bunga yang lebat. Menyukai tanah kebun yang mengandung pasir. Umurnya mencapai lebih setahun, bahkan P.zonale L’Herit bias berumur lebih panjang.

Pelargonium

Cara menanamnya. Tanah yang mengandung pasir dicampur humus dan pupuk istal tua. Tanaman yang telah lama dipelihara dalam pot akan meninggi. Oleh karena itu, tuas pucuknya dapat dipotong dan disetek. Daun-daun yang ada pada setel separuh digunting atau diiris dengan pisau yang tajam. Tinggalkanlah pada setek itu satu atau dua helai daunnya. Dan pucuknya disimp[an agar lukanya mongering. Kemudian setek ini ditanam di persemaian atau pot yang berisi pasir.

Pemeliharaannya. Harus mendapatkan sinar matahari yang cukup. Air siraman tidak boleh mengenai bunganya, agar tidak cepat busuk. Juga air tidak boleh tergenang disekitarnya. 

0 Response to "Pelargonium"

Posting Komentar

Komentar yang baik bermanfaat untuk pembaca lain, diharapkan bukan komentar spam. Terimakasih atas kunjungannya.